Sabtu, 04 April 2015

Cara Ini Mampu Cegah Infeksi Payudara pada Ibu Menyusui

Cara Ini Mampu Cegah Infeksi Payudara pada Ibu Menyusui


Sangat penting bagi para perempuan untuk selalu merawat payudaranya, apalagi selama masa menyusui. Kondisi payudara yang ngga sehat karna infeksi atau peradangan dapat mempengaruhi kesehatan bayi yg mengerjakan kontak dengan payudara ibu ketika minum ASI.

Setelah melahirkan, kelenjar susu dlm payudara akan mulai bekerja menghasilkan air susu. Umumnya air susu akan mengalir dengan lancar antara satu sampai tiga hari setelah melahirkan, tetapi mungkin memakan waktu yang lebih lama bila Engkau melahirkan dgn proses caesar.

Infeksi payudara paling sering terjadi antara satu hingga tiga bulan setelah melahirkan. Infeksi itu dikenal dgn mastitis atau peradangan jaringan payudara, yang dpt berkembang menjadi abses (kumpulan nanah) dalam jaringan payudara jika tdk diobati.

Bakteri yg menyebabkan infeksi tersebut biasanya ditemukan di dlm mulut bayi yang akan berpindah ke puting susu dan dpt memasuki saluran susu melalui retakan kecil di kulit puting. Bakteri tersebut dapat berkembang biak dgn cepat dlm ASI. http://modernlivingroom.org/design/living-room-design-on-a-budget/

Gejala pertama dari infeksi payudara merupakan nyeri, bengkak, dan kemerahan pada payudara. Lw mungkin juga akan mulai merasa tidak enak badan, flu, demam, nyeri serta sakit kepala. Sebelum infeksi tampak dgn jelas, Nte mungkin akn mengalami retak kecil pada puting dan kulit di sekitarnya.

Jika Nte mengembangkan gejala-gejala infeksi payudara tersebut, segera periksakan ke dokter. Dokter akan memberikan antibiotik yang bisa dikonsumsi secara aman meski Anda sedang menyusui.

Apabila pengobatan dengan menggunakan antibiotik saja tidak cukup, dokter akn mengeringkan abses yang sudah berkembang dlm payudara. Dokter akan menguras abses payudara, dgn menghapus nanah melalui jarum atau membuat lubang kecil di payudara di bawah anestesi lokal.

Beberapa gadis lebih rentan mengembangkan mastitis daripada yg lain, terutama wanita yg baru pertama kali menyusui. Tapi mastitis dpt dicegah dgn mengurangi risiko berkembangnya infeksi serta melakukan perawatan.

Rawatlah payudara Anda agar terhindar dari mastitis dgn cara sebagai berikut:

1. Istrirahat dengan cukup
2. Makan makanan yg sehat utk menjaga produksi susu
3. Lebih sering menyusui bayi Anda, mengosongkan payudara yg penuh air susu dapat mempromosikan kesehatan payudara
4. Menyusui bayi dengan posisi bergantian agar kedua payudara dpt kosong secara merata
5. Hindari menggunakan sabun untuk menyapu benjolan merah pada puting
6. Bila terjadi pembengkakan pada payudara, kompres dgn es utk mengurangi pembengkakan
7. Pijat payudara Sampean dgn lembut dari ketiak ke arah puting utk melunakkannya
8. Menyapih bayi secara perlahan sampai beberapa minggu atau tdk tiba-tiba berhenti menyusui

Anda juga dapat menjaga kesehatan payudara dengan memilih bra yg tepat utk ibu menyusui, seperti dilansir onlymyhealth, Selasa (15/1/2013) antara lain:

1. Pilihlah bra yg mampu mendukung payudara sepenuhnya, sebaiknya pilih yang menggunakan tulangan elastis daripada kawat
2. Pastikan bra yang Sampean kenakan pas & tidak terlalu ketat
3. Kenakan bra dengan serat alami yg melapisi cup payudara. Bahan sintetis bisa menjebak kelembaban dan mempromosikan infeksi.
4. Kenakan bra menyusui sepanjang waktu, bahkan ketika tidur, untuk mendukung produksi susu yang mencukupi utk bayi Anda.

Ingin Sembuh dari Pilek dalam 24 Jam? Begini Caranya Living Room Design On a Budget

Tidak ada komentar:

Posting Komentar